Halaman

Keberadaan PKL Akibat Perpindahan Penduduk

    Perpindahan penduduk dari desa ke kota (migrasi desa-kota) merupakan suatu faktor utama yang mendorong pesatnya pertumbuhan kota-kota di negara sedang berkembang, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini dipacu oleh kondisi kehidupan yang buruk di daerah pedesaan yang menyebabkan kemiskinan di pedesaan, dan keragaman peluang kerja di kota dengan tingkat upah yang relatif lebih tinggi, sebagai faktor penarik yang diidentifikasikan oleh beberapa peneliti sebagai pencetus penduduk untuk melakukan migrasi ke kota.


Hal yang mendasari terjadinya kondisi ini, berdasarkan kajian ahli ekonomi Michael P Todaro, disebabkan oleh implikasi dari kebijakan sistem ekonomi di negara berkembang yang terlalu mementingkan modernisasi industri dan terlalu mengutamakan sektor modern di kota. Akibatnya dengan melihat kondisi yang terjadi di wilayah perkotaan, yaitu membengkaknya migrasi ke kota, tingginya angkatan kerja dan keterbatasan lapangan kerja dalam menyerap tenaga kerja di perkotaan menyebabkan berkembangnya sektor usaha tersier atau yang dikenal dengan sektor informal. 

Sektor tersier ini berhubungan positif dengan tingkat urbanisasi yang tinggi dan tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi diperkotaan. Sektor informal dapat didefinisikan sebagai negatif (kebalikan) dari sektor formal yaitu mengacu pada tingkat rasionalisasi pekerjaan, adanya birokrasi dan pekerja diatur atas dasar gaji tetap. Sehingga dengan demikian sektor informal dapat diartikan tidak memiliki tingkat rasionalisasi pekerjaan, tidak ada birokrasi dan tidak memiliki sistem penggajian yang tetap dan teratur. Salah satu fenomena sektor informal yang menjadi sorotan di wilayah perkotaan adalah adanya pedagang kaki lima (PKL). 
Pedagang kaki lima (PKL) merupakan fenomena yang umum ditemui di perkotaan di Indonesia. Pertumbuhan PKL terkait dengan pertumbuhan penduduk, angkatan kerja dan lapangan kerja di sektor formal, karena pada umumnya sektor informal terjadi akibat ketidakmampuan sektor formal dalam menyerap tenaga kerja dan juga pertumbuhan PKL berimplikasi terhadap permasalahan ruang tempat berusaha. Keberadaan PKL sepertinya telah menjadi sesuatu permasalahan besar di daerah perkotaan karena dituduh sebagai biang keladi kesemrawutan kota dan kemacetan lalu lintas. Hal ini dapat kita dengar dan saksikan dari berita-berita baik di televisi maupun di surat kabar-surat kabar dimana masyarakat maupun pemerintah kota setempat merasa tidak nyaman dengan adanya PKL. Tetapi selain itu PKL sebenarnya memiliki pengaruh yang besar bagi pertumbuhan ekonomi kota. Dengan demikian, sebenarnya keberadaan PKL ini sesuatu yang menguntungkan atau merugikan.

Henry Chandra, Sos '07 Unesa

1 CommentS:

muhamad iskandar mengatakan...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

Poskan Komentar

Terima kasih atas Komentarnya ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.

Twitter

Pengikut

Statistik