Halaman

Anaximenes

Anaximenes (585-528 SM)




Anaximenes berkeyakinan bahwa yang menjadi asa; dunia adalah udara. Sebab, udaralah yang meliputi seluruh alam dan udara pula yang menjadi dasar hidup bagi manusia yang amat diperlukan untuk bernafas. Baginya, jiwa adalah udara, api adalah udara yang encer, jika dipadatkan udara akan menjadi air; dan jika dipadatkan lagi menjadi tanah dan akhirnya menjadi batu.

Anaximenes adalah tokoh terkhir tritunggal mazhab Milesian. Berbeda dengan Anaximender, Anaximenes kurang begitu menarik. Kendati begitu, ia membuat beberapa kemajuan penting. Ia beranggapan bahwa bumi berbentuk seperti meja bundar. Belakangan, Anaximenes merupakan tokoh yang memberi pengaruh besar terhadap Phytagoras dan banyak pemikir spekulatif selanjutnya.
Setelah Anaximenes, tampaknya tidak ada lagi generasi pemikir dari daerah dan tradisi Miletus. Namun demikian, ketiga pemikir yang lahir dari negeri itu telah mampu mengilhami banyak pemikir selanjutnya. Karenanya, ketiga pemikir dan sumbangsih mazhab Milesian ini sangat diapresiasi oleh banyak pemikir bukan karena apa yang telah mereka capai, namun karena apa yang mereka upayakan. Kemunculan mereka didorong oleh hubungan antara pemikiran Yunani dengan Babilonia dan Mesir. Miletus adalah kota niaga yang makmur saat itu. Interaksi dengan bangsa lain tersebut berakibat positif dengan mengikisnya sikap dan sifat primitif bangsa Yunani, khususnya Miletus.

Pemikiran para filsuf dari Miletus tersebut memberikan dasar bagi lahirnya para filsuf di kemudian hari. Setidaknya, ada beberapa pelajaran yang dapat diambil dari mereka. Pertama, tidak memercayai lagi pada pengetahuan yang didasarkan pada mitos, legenda, kepercayaan, dan agama. Kedua, pengetahuan diperoleh melalui proses berpikir dan mengamati. Ketiga, asal - muasal segala sesuatu terdiri dari satu hal yang tunggal.

Sumber: Pengantar Filsafat. Ali Maksum

0 CommentS:

Poskan Komentar

Terima kasih atas Komentarnya ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.

Twitter

Pengikut

Statistik