Halaman

Leibniz

Leibniz (1646-1716 M)

Leibniz lahir di jerman. Nama lengkapnya Gottfred Wilhelm von Leibniz. Sama halnya Spinoza, Leibniz termasuk pengagum sekaligus pengkritik Descrates. baginya, dia khawatir tentang kehidupan dan bagaimana menjalani hidup. Tetapi berbeda dengan Spinoza yang kesepian, ia justru termasuk orang yang kaya raya (jet-setter) dan dipuja. Leibniz juga dikenal sebagai penemu kalkulus bersama Newton. Ia adalah ilmuwan, pengacara, sejarawan, akademisi, ahli logika, ahli bahasa, dan teolog. Bagi Leibniz, filsafat adalah hobi yang berkesinambungan dan ia terlibat dalam diskusi filosofis dan melakukan korespondensi sepanjang hidupnya bersama para filsuf di zamannya. Sayangnya, banyak karyanya tidak bisa dinikmati banyak orang setelah meninggal sebab tidak diterbitkan.



Namun demikian, bukan berarti karyanya tidak ada yang membekas. Tesisnya yang paling agung termaktub dalam Candide.  Tesis ini mengklaim bahwa ada jumlah pilihan yang tak terhingga banyaknya di antara dunia-dunia yang mungkin berbeda dan Tuhan akan memilih yang terbaik darinya. Logika Leibniz bisa saja diperdebatkan tetapi visi tak dapat disangkal untuk memperbaiki akhlak seseorang.

Leibniz menyarankan pengembangan suatu bahasa universal, suatu logika universal yang di dalamnya semua masalah dapat dipecahkan dengan perhitungan tanpa pertumpahan darah dan rasional. Ia mempertahankan prinsip dasariah filsafatnya yang disebut dengan "prinsip cukup alasan".

Seperti Spinoza, ia juga memberi argumentasi bahwa tak ada yang terjaditanpa adanya suatu alasan. Dan semua alasan adalah alasan-alasan Tuhan dan Tuhan menentukan alam semesta dan semua alasan tersebut tentu saja baik adanya.

0 CommentS:

Posting Komentar

Terima kasih atas Komentarnya ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari

Adsense Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Statistik

Adsense Indonesia