Halaman

PEROKOK ANAK AKTIF DAN PASIF

1. Perokok anak aktif.
Perokok anak aktif adalah perokok anak yang secara terang-terangan menggunakan rokok dan tidak sembunyi-sembunyi ketika merokok. merokok dalam arti menjadi kebiasaan rutin setiap harinya. Alasan mereka mereka merokok biasanya karena meniru orang dewasa, karena pergaulan dan menimbulkan perasaan dewasa dan jantan.  Biasanya perokok anak aktif lebih liar dalam pergaulanya karena banyak mengabaikan peraturan dan tak terkontrol. Mereka cenderung mengimitasi perilaku orang dewasa dan tidak mau di atur. Dan mereka cenderung berperilaku sesuai sebutan yang di rasanya sangat hebat dengan sebutan itu.



 Semisal sebutan “Bondet” yang identik dengan sebutan preman untuk seorang anak yang akan memberinya kebanggaan sebagai anak yang berani dan hebat sehingga dia akan berperilaku sesuai dengan sebutanya. Hal ini sesuai dengan teori labeling Becker bahwa penyimpangan adalah suatu akibat yang kepada siapa cap itu telah di berikan, perilaku menyimpang adalah perilaku yang di capkan kepadanya atau orang lain telah memberi cap kepadanya. Dengan demikian apa yang menyimpang dan apa yang tidak, tergantung ketetapan-ketetapan dari anggota masyarakat terhadap suatu tindakan (Bagong suyanto, 2006: 29 ).

2. Perokok anak pasif.
Perokok anak pasif adalah perokok anak yang mengunakan rokok secara sembunyi-sembunyi. Mereka tidak berani terang-terangan karena beberapa alasan, salah satunya adalah takut di ketahui oleh orang tua mereka. Mereka tidak menjadikan merokok sebagai kebiasaan rutin. Biasanya kebisaan merokok mereka di lakukan karena coba-coba dan ikut-ikutan teman sepermainan mereka dan mereka hanya akan merokok jika sedang berada dengan teman-temanya saja. Mereka  merasa malu dan canggung jika menunjukan di depan umum.

0 CommentS:

Poskan Komentar

Terima kasih atas Komentarnya ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.

Twitter

Pengikut

Statistik