Halaman

Karl R Popper

Karl R Popper

Karl R Popper lahir di Wina, Austria. Ia dikenal sebagai filsuf yang sangat berpengaruh di bidang sains dan politik. Sedemikian pengaruhnya sehingga Sir Peter Medewar, peraih nobel bidang kedokteran, mengatakan bahwa Karl R Popper tak ada duanya sebagai filsuf ilmu terbesar yang pernah ada. Ta hanya Medewar, J.Monod dan Sir John Eccles, peraih nobel, juga mengakuinya. Ajaran Karl Popper banyak mempengaruhinya hingga dia mengalami pertobatan pada tahun 1945 mengenai cara mengadakan penelitian ilmiah. 
Karl R Popper, selain ahli di bidang sains dan politik, juga dikenal sebagai seorang yang ahli matematika dan astronomi teoritis. Buku yang paling berpengaruh adalah The Open Society and its Enemies (1950). Karya tersebut merupakan gagasan filsafat politiknya yang amat berpengaruh hingga diterjemahkan dalam banyak bahasa, termasuk Indonesia. Di Indonesia buku tersebut diterjemahkan berjudul Masyarakat Terbuka dan Musuh-musuhnya yang diterbitkan di Pustaka Belajar Jogjakarta 2002. Gagasannya sangat brilian bahasanya lugas dan mudah dipahami.

Buku tersebut bisa dikatakan telah menjatuhkan teori-teori politik para filsuf raksasa seperti Heraclitus, Plato, Aristoteles, Hegel dan Karl Marx. Sebab, Karl Popper menghadirkan wacana baru di bidang ini. Berangkat dari nilai normatif bahwa manusia bisa salah, Karl Popper merumuskan sebuah bentuk masyarakat yang cocok bagi minimalisasi penderitaan manusia dan maksimalisasi kebebasan individu dalam sebuah masyarakat yang ia sebut sebagai masyarakat terbuka (Open Society).

0 CommentS:

Poskan Komentar

Terima kasih atas Komentarnya ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.

Twitter

Pengikut

Statistik